Penggunaan Internet di Kalangan Remaja dan Lingkungan Sekolah

/
10 Comments
Halo guys apa kabar??, gak kerasa yah udah setahun sejak OTN 2017 dan udah waktunya buat OTN 2018 yang akan diselenggarakan di BALI!?!, hehe maaf klo keliatan kaget soalnya jarak dari sekolah ke bali itu jauh loh breew :', Eiiiits bentar, sebelumnya saya minta maaf yah klo jarang ngepost hehe soalnya seperti apa yg saya katakan di post sebelumnya kalo aku itu "Sibuk", yaudah kita lanjut aja ke OTN 2018 di OTN tahun ini temanya adalah "Welcome Informatika" dan karena banyak yang harus dibicarakan jadi tidak akan cukup dengan 1 post jadi saya bagi menjadi 2 post, di post pertama ini saya akan menjelaskan mengenai "Penggunaan Internet di Kalangan Remaja dan Lingkungan Sekolah" yuk langsung aja kita bahas.


Penggunaan Internet di Kalangan Remaja

Gambar terkait
Sumber: http://taufiqurokhman.com/sering-main-internet-bisa-picu-gangguan-mental-remaja/
Setelah saya melakukan research yang menghabiskan waktu yang banyak (sekitar 5 menit) di sebuah situs yang baru saya tahu yaitu google kalau tidak salah namanya. Wkwk udah-udah bercandanya jadi setelah saya melakukan penilitian di google saya menemukan dari survei yang dilakukan oleh lembaga PBB untuk anak-anak, UNICEF, bersama para mitra yang dilakukan pada tahun 2014 bahwa sekitar 98% remaja mengetahui tentang "Internet" dan sekitar 79.5% persen menggunakannya, tetapi karena surveinya sudah berumur 4 tahun mungkin persentase menaik oleh karena itu saya melakukan survei sendiri di lingkungan kelas 9 yaitu kelas 9E,F dan C dan saya menemukan bahwa 100% murid di kelas saya dan juga murid-murid kelas 9 lainnya mengetahui tentang internet dan sekitar 95% menggunakannya, 5% yang tidak menggunakannya hampir semua beralasan "tidak boleh kata orang tua". Sudah jelas bahwa dalam waktu 4 tahun penggunaan internet sudah meningkat, yah walaupun survei saya tidak se-akurat survei oleh UNICEF tetapi mungkin ini salah satu kemajuan dalam bidang TIK dan semoga para remaja ini menjadi pendorong agar indonesia lebih maju dalam bidang TIK, nah sebenarnya saya membuat penjelasan tadi untuk dijadikan alasan bahwa mengapa sekolah-sekolah Indonesia harus menerapkan pelajaran TIK atau yang sekarang berganti nama menjadi Informatika,yang sekarang saya akan jelaskan di part "Penggunaan Internet di Lingkungan Sekolah"

Penggunaan Internet di Lingkungan Sekolah

Nah di part ini saya akan menjelaskan kenapa sekolah di Indonesia harus menerapkan pelajaran TIK dan sebelum kalian ngomong "pasti alasannya sama kayak yang tahun kemarin -_-", jangan salah alasan-alasan ini berbeda dibandingkan yang tahun kemarin dan pastinya bakalan lebih menyadarkan kalian dan seluruh rakyat indonesia hehe, pasti kalian kepo kan?? (klo misalnya nggak baca aja terus menarik loh wkwk) yaudah yuk kita sebutin dan jelasin alasan-alasannya :


1.Yang Menggunakan Internet Belum Tentu Menggunakannya Dengan Benar

Gambar terkait
Sumber : http://www.espn.com/espn/feature/story/_/id/18510975/how-counter-strike-turned-teenager-compulsive-gambler


Ini sih salah satu alasan yang paling obvious, tapi tahun kemarin saya nggak sempet membahasnya secara full :' yaudah yuk kita bahas, coba kalian pikirkan "apa sih yang sering aku lakukan di internet??" pasti jawaban kebanyakan bagi remaja lelaki adalah "bermain game online" dan kalau bagi perempuan adalah "bermain/menggunakan sosial media", (tapi gak tentu selalu ini jawabannya yah, saya mendapat ini dari survei yang saya lakukan tadi) dan ini menjadi salah satu alasan besar kenapa kita harus mengajarkan remaja indonesia tentang TIK, karena kebanyakan remaja Indonesia memakai internet tetapi tidak dengan cara yang benar dan menggunakannya hanya untuk bersenang-senang, bagi saya sendiri saya memang sering memainkan game online tetapi saya menyimbangkannya dengan cara belajar tentang basket,edit video dan gambar lewat youtube dan langsung mencobanya di aplikasi yang saya miliki, dengan adanya pelajaran TIK di sekolah-sekolah mungkin kita bisa mengenalkan dunia TIK itu bukan cuman game online dan sosial media kepada remaja Indonesia, dan mengenalkan mereka kepada dunia Coding, Perfilman, atau Animasi yang mungkin bisa menjadi hobi yang sehat bagi mereka dan seperti yang saya katakan di post pertama saya mungkin hobi ini bisa menjadi pekerjaan bagi mereka, jadi intinya kita harus mengarahkan remaja indonesia cara menggunakan internet yang baik dan benar.


2.TIK Mempermudah Kehidupan


Alasan ini sedikit berhubungan dengan alasan yang pertama, jadi selain mempermudah ulangan di lingkungan sekolah TIK juga bisa memudahkan kehidupan masyarakat baik siswa maupun guru, semua orang bisa membuat hidupnya lebih mudah melalui TIK contohnya aplikasi online yang bisa memesan ojeg ataupun makanan (tau kali apa yang saya maksud'--), nah kan kalau kita mengajarkan remaja Indonesia tentang TIK mungkin saja mereka bisa membuat penemuan baru yang inovatif yang bisa mempermudah kehidupan semua orang, karena di masa yang serba elektronik ini masih ada saja kegiatan yang bisa kita temukan solusinya lewat informasi yang kita dapat dari internet dan menggunakan teknologi canggih untuk memecahkan masalah itu, dan kita tidak tau mungkin saja remaja indonesia bisa menemukan cara untuk memecahkan masalah besar di dunia seperti menemukan obat untuk HIV/AIDS, dan pasti dengan adanya internet dan teknologi canggih kita bisa lebih cepat menemukan obat itu, karena percaya saya Internet dan Teknologi bisa membantu kalian dalam bidang apapun.



Mungkin itu saja yang saya sampaikan di postan ini, yah walaupun saya hanya mengantarkan 2 alasan semoga saja alasan-alasan berikut membuat kalian sadar kenapa kita harus menerapkan pelajaran TIK di sekolah-sekolah Indonesia hehe, yaudah itu aja dari saya byeeeee dan semoga kita ketemu lagi di postan selanjutnya hehe. 


You may also like

10 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular