Apa Sih Informatika??

/
16 Comments
What's up guys?? (eaa sok inggris hehe), btw selamat datang di entri OTN 2018 saya yang kedua atau mungkin terakhir, yaudah langsung aja di postingan kedua saya kita bakal membahas tentang pelajaran TIK yang akan berganti nama menjadi Informatika, apa itu Informatika dan disini pun saya akan menjelaskan apaan sih CT itu?? ya udah kita bahas aja daripada banyak bicara iya kan??, ok langsung aja kita bahas check it.

TIK Menjadi Informatika??

Pasti kalian bingung "Emang kenapa kalo TIK jadi Informatika, emangnya hal itu penting banget???" ini penting banget tau, jadi alasan TIK berganti nama itu karena, Informatika itu lebih sulit dan materinya akan sedikit berbeda dengan TIK dan lebih kekinian, kenapa??, karena perkembangan jaman makin kesini makin canggih tentunya, dan sekarang masyarakat sudah kaya lem banget dengan yang namanya teknologi, contohnya dapat dilihat dari kehidupan kita sehari-hari, yaitu dari bangun di pagi hari sampai tiba waktunya untuk tidur kita pasti selalu menggunakan teknologi, seperti kalian yang tidak lepas dari gadget kalian, betul kaan??, dan pada saat ini pemerintah merasa bahwa pelajaran yang sekarang diberikan kepada siswa di Indonesia harus disesuaikan dengan perkembangan jaman yang semakin hari semakin canggih. Karena kalau tidak, kita akan tertinggal dari peradaban dunia yang serba modern ini, bahkan bisa saja kita terjerumus ke jurang yang sangat dalam. Ihhhh, serem kan? Nah jadi itulah alasan mengapa pergantian ini sangat penting dan bagi kalian yang kepo "kapan kita belajar Informatika?", jawabannya adalah tahun ajaran 2019, tetapi tahun sekarang sudah resmi bahwa pelajaran TIK berganti nama menjadi Informatika dan oleh karena itu kalian boleh menyebut mata pelajaran TIK dengan nama Informatika yah dari sekarang hehe.

Apa Sih Informatika Itu??

Gambar terkait
Sumber : https://www.its.ac.id/news/2018/04/13/ini-perbedaan-informatika-teknik-komputer-dan-sistem-informasi/

Nah kan sekarang kalian udah tau alasan TIK berganti nama Informatika, tapi kalian tau gak Informatika sendiri itu apaan??, kalo kalian gak tau, disini saya akan menjelaskannya secara rinci agar kalian mengerti, malu kan kalau kita ditanya "Apa itu Informatika?" dan kita ngejawabnya "Nggak tau, hehe", yah jadi seperti yang saya katakan tadi Informatika itu seperti TIK yang sudah di upgrade menjadi lebih susah dan juga pastinya lebih bermanfaat hehe, jadi setelah saya membaca referensi di internet (*batuk* wikipedia *batuk) informatika atau dalam bahasa inggrisnya informatics itu pelajaran yang mempelajari data atau informasi pada mesin komputer contohnya :
  1. Teori Informasi yang mempelajari konsep matematis dari suatu informasi
  2. Ilmu Informasi yang mempelajari tentang cara pengumpulan, klasifikasi, manipulasi penyimpanan, pengaksesan, dan penyebarluasan informasi untuk keperluan sosial dan kemasyarakatan secara menyeluruh
  3. Ilmu Komputer dan Teknik Komputer yang mempelajari tentang pemrosesan, pengarsipan, dan penyebaran informasi dengan menggunakan teknologi informasi dan pemrograman yang berbasis komputer.
  4. Sistem Informasi yang mempelajari mengenai teknik pengembangan suatu sistem untuk mengolah berbagai macam informasi yang ada.
  5. Keamanan Informasi ilmu yang mempelajari mengenai kalian proses mengamankan dan melindungi data pada sistem atau komputer.
  6. Informatika Sosial yang mengkaji aspek sosial dari TIK dalam perubahan sosial dan organisasional, penggunaan teknologi dalam konteks sosial, dan cara kelembagaan sosial teknologi informasi yang dipengaruhi oleh kekuatan sosial dan praktik-praktik sosial/kemasyarakatan.
Yah jadi pada intinya Informatika mempelajari bidang IT yang levelnya lebih tinggi, seperti mengola beberapa informasi melalui sebuah komputer dengan tujuan untuk memecahkan masalah ataupun mengumpulkan informasi itu untuk membuat satu informasi yang utuh, informasi yang bisa dikelola pun banyak seperti informasi sosial,pengetahuan,keamanan, dll. Salah satu contoh pembelajaran informatika ini adalah coding atau penulisan beberapa kumpulan kode untuk membuat sebuah program komputer yang utuh.

COMPUTATIONAL THINKING (CT)

Gambar terkait
Sumber : http://lorenabarba.com/blog/computational-thinking-i-do-not-think-it-means-what-you-think-it-means/

CT, pasti kalian belum pernah denger kata ini, kalau tau juga palingan sedikit dari kalian yang tau arti penuhnya, jadi Computational Thinking atau (CT) adalah cara memecahkan masalah dengan cara menggunakan komputer. Cara penyelesaian ini bisa diterapkan dalam kesulitan apapun, CT juga bisa berguna dalam kurikulum (proses pembelajaran), dan gak cuman murid doang yang dibantu dengan  adanya CT, guru juga bisa memakainya agar proses pembelajaran lebih mudah untuk muridnya. Istilah CT pertama kali diperkenalkan oleh Seymour Papert pada tahun 1980 dan 1996 dalam bukunya yaitu "Mindstorms" dan saya kutip "komputer dapat meningkatkan pemikiran dan mengubah pola akses ke pengetahuan". Di tahun 2014, pemerintah Inggris memasukkan materi pemrograman dan CT kedalam kurikulum sekolah dasar dan menengah, tujuannya untuk membuat para murid lebih cepat memahami teknologi di dunia yang semakin lama semakin canggih, yang membuat siswa dan siswi dari negara Inggris lebih terbiasa, dan juga mereka bisa menggunakan TIK agar hidup mereka lebih mudah, btw ini juga akan membantu saya dalam menjelaskan poin yang ada dibawah (sumber). Tetapi untungnya saja pemerintah akan mulai mengajarkan pelajaran CT bersama dengan datangnya Informatika, (YEEEEY:D) yah semoga aja dengan ini Indonesia tidak ketinggalan dalam bidang TIK dibandingkan negara lain.

Fakta Bahwa Indonesia Ketinggalan Jauh Dibandingkan Negara Lain

Selain menjelaskan tentang Informatika dan CT, saya juga disini akan menjelaskan tentang negara kita yang hebat ini, yaitu Indonesia ternyata tertinggal di bidang TIK dibanding beberapa negara lain?!?, dan saya merasa ini adalah salah satu dari banyaknya masalah di indonesia. Negara yang saya maksud tidak lain dari beberapa negara yang sudah terkenal karena dianggap sebagai negara Super Power, dan negara itu adalah Amerika Serikat dan tentunya Inggris, dan karena saya ingin TIK indonesia lebih maju hehe, tapi karena saya telah menjelaskan majunya negara Inggris, saya hanya menjelaskan tentang Amerika.

Amerika Serikat

Gambar terkait
Sumber : http://www.ecolemarie-clarac.qc.ca/2017/11/30/heure-de-code/

Pasti kalian tau dengan Amerika kan??, yah memang sih ini salah satu negara terkuat di dunia, mereka juga tentunya memiliki teknologi yang sangat canggih, gimana sih caranya mereka bisa sangat maju?, salah satu caranya adalah mereka melakukan suatu pembelajaran online yang kalian bisa melakukannya dimana dan kapan saja....kalau ada internet hehe, nah pasti kalian nanya "emang apa nama pembelajarannya?", pembelajaran ini bernama Hour Of Code yang akan mengajarkan kita tentang dunia Coding dengan cara memainkan tutorial mereka yang berjumlah 231 tutorial yang bervarian dari Coding tingkat rendah sampai yang lebih advanced (artinya susah:') yang tentunya kebanyakan partisipannya orang amerika sendiri. Tetapi tentunya kalian juga bisa mengikutinya secara GRATIS!! dan hanya menghabiskan waktu selama 1 jam, eeeeeh jangan salah walaupun hanya sejam kalian bisa belajar tentang Coding, yang selain edukatif pembelajaran ini juga sangat menyenangkan lhooo karena menghadirkan karakter-karakter yang menarik bagi anak-anak maupun remaja, dan hebatnya lagi Hour Of Code ini didukung oleh Microsoft, Apple, Amazon, Boys and Girls Club Of America, The College Board dan juga orang-orang hebat di dunia IT seperti Mark Zuckerberg. Dan ini adalah salah satu event yang membantu Amerika lebih maju dalam bidang TIK tapi walaupun kebanyakan partisipannya adalah siswa dan siswi Amerika, dari Indonesia juga ada looh, yaah walaupun sedikit sih hehe, tetapi mungkin kita bisa menggunakan Hour Of Code ini sebagai alat belajar dan kesempatan bagi siswa dan siswi Indonesia. 



Nah mungkin itu aja yang bisa saya bagikan dalam postingan/entri ini, maaf kalo lebih panjang dari biasanya yah, soalnya banyak banget yang harus saya sampaikan. Jadi saya membahasnya secara singkat dan padat kan yang penting kalian ngerti hehe, udah itu saja dari saya Alvian Rio selamat tinggal dan semoga berjumpa lagi di entri selanjutnya byeeee.



You may also like

16 komentar:

  1. Makasih buat informasi, artikel yang sangat yang sangat menginspirasi

    BalasHapus
  2. Oooh baru tau ternyata gitu, makasih

    BalasHapus
  3. Bagus sekali penjelasannya Rio, info yang keren.

    BalasHapus
  4. Mantul. Sekali nambah pengetahuan

    BalasHapus
  5. Waahh kereenn
    Nambah ilmu baru

    BalasHapus
  6. Makasii artikelnya,, jd lebih tau ttg informatika

    BalasHapus
  7. Bagus artikelnya, sangat bermanfaat..selamat datang informatika.

    BalasHapus
  8. Mantulll pisann, makasihh informasinyaa

    BalasHapus
  9. Mantul atlrtikelnya, udah mah bagus makin nambah ilmunya

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular