Yang Dirindukan Telah Kembali

/
19 Comments
Akhirnya yang dirindukan telah kembali yah, saya bukan lagi bucin (budak cinta) looh :v, yang dirindukan ini bukanlah seseorang guys tetapi sesuatu. Pasti kalian tau dong apa yang dirindukan ini, yah yang dirindukan ini tidak lain dan tidak bukan adalah mata pelajaran TIK!!!, yah walaupun bukan lagi TIK pada hakikatnya, karena seperti apa  yang saya katakan sebelumnya bahwa sekarang TIK berganti nama menjadi Informatika, selain namanya, materinya juga pasti berbeda. Eh udah kan udah dijelaskan pergantian nama mah hehe, disini saya hanya akan  memberikan pesan-pesan saya tentang kembalinya TIK ini.



Kalian tahu gak sih??, kalau TIK dihapus dari kurikulum, sejak bergantinya Kurikulum KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) atau Kurikulum 2006 menjadi Kurikulum 2013 setelah 7 tahun. Karena pemerintah menganggap bahwa anak-anak bisa mempelajari tentang TIK melalui internet secara otodidak (sendiri), sedih banget ya guys kok bisa dihapuskan, padahal kan mata pelajaran TIK sangat bermanfaat sekali untuk kita semua bahkan sangattt penting sekali untuk menghadapi era globalisasi seperti sekarang ini. Seperti yang saya bicarakan sebelumnya, bahwa anak-anak/pelajar butuh bimbingan secara langsung oleh guru bidang TIK. Dan juga kita butuh pendidikan teknologi dasar, yaitu bagaimana kita mengembangkan pengetahuan, pemahaman dan keterampilan praktis bidang teknologi di dalam kehidupan sehari-hari, mengembangkan sikap yang tepat terhadap teknologi dan meningkatkan wawasan terhadap teknologi. Agar kita bisa menguasai itu semua, ada beberapa hal yang harus kita miliki dan harus kita terapkan pada diri kita masing-masing, untuk menghadapi Teknologi yang semakin hari semakin berkembang dan semakin canggih saja, apa saja hal tersebut ?? Nah kita harus berpikiran terbuka, punya karakter yang baik, kebiasaan yang baik, perilaku yang baik, memiliki impian yang besar. Kenapa harus seperti itu guys, karena dengan kita bersikap seperti itu kita akan terhindar dari hal-hal yg negatif. Kalau tidak akibatnya mereka bisa melakukan hal-hal yang tidak sehat dan juga tentunya tidak bermanfaat. Seperti, menonton film dewasa, pembulian di media sosial/online, bermain games tanpa batasan waktu, menyebarkan berita hoax (palsu), karena sekarang juga sudah banyak pemuda indonesia yang terjebak di dalam penggunaan teknologi yang tidak baik. Padahalkan kalau kalian terlalu sering melakukan hal negatif tadi, kita sama saja melanggar hukum dunia maya atau CyberLaw.


CyberLaw adalah area hukum yang berkaitan dengan dunia maya dan berlaku untuk semua orang yang menggunakan internet. Contoh dari pelanggarannya adalah:

Hak Cipta adalah hak dimana pembuat suatu karya baik itu musik, film, lukisan, patung, karya tulis, foto, perangkat lunak komputer, dan lain sebagainya. Misalnya jika saya membuat suatu musik, musik itu tidak boleh dimainkan dalam suatu video, film atau pun game tanpa persetujuan pembuat/ saya

2. Penipuan
Aturan ini melanggar/mencegah seseorang untuk melakukan berbagai macam penipuan di internet seperti pencurian identitas, pencurian kartu kredit dan kejahatan keuangan lainnya yang terjadi secara online. Seseorang yang melakukan pencurian identitas dapat menghadapi tuntutan pidana. Mereka mungkin juga menghadapi aksi perdata yang dibawa oleh seorang korban. (sumber)

3. Pelecehan Online
Ini adalah aturan yang melanggar orang untuk melakukan pelecehan di media sosial apapun karena Ketika seseorang mengancam secara online, mereka dapat melanggar hukum perdata dan pidana.

Jadi agar kita terhindar dari hal-hal tersebut, kita sebagai pelajar yang harus menerapkan norma-norma yang baik dalam pemanfaatan teknologi jangan sampai kita seperti kebanyakan orang yang menggunakan teknologi dengan tidak bertanggung jawab.

Pada akhirnya tibalah saat yang ditunggu-tunggu guys, ia yang ditunggu-tunggu dan dirindukan oleh semua orang kini semakin dekat. Apa itu ?? Itu adalah sesuatu yang mungkin kedengarannya biasa saja, tapi bagi semua pelajar itu sangatlah istimewa. Istimewa?? Bagaimana tidak istimewa guys, mata pelajaran TIK yang hampir 5 tahun lamanya dihapus dari kurikulum 2013 sekarang lahir kembali dengan nama baru dan tentu dengan harapan baru, kini nama mata pelajaran TIK berganti nama menjadi Informatika (iya tau kok kalo kalian udah denger berita ini :'). Gembira, senang tiada tara mendengar hal tersebut hehehe, kenapa saya gembira???, itu tandanya pendidikan di Indonesia akan semakin maju dengan didampingi oleh ilmu-ilmu informatika. Semua orang akan belajar dan berkarya menciptakan hal-hal baru yang dapat merubah dunia menjadi lebih baik tentunya. Aaminn


Hasil gambar untuk jimmy wales quote use internet wisely
Sumbert : https://quotefancy.com/quote/1457594/Jimmy-Wales-We-have-to-come-together-worldwide-and-think-We-have-a-tool-the-internet-to

Nah, itu semua tidak lepas dari perjuangan para guru TIK yang tergabung dalam komunitas IG TIK PGRI yang berjuang bekerja keras untuk mengembalikan mata pelajaran TIK ke kurikulum 2013, saya sangat berterimakasih atas perjuangan mereka, harapan saya untuk teman-teman semua buktikan dan belajarlah informatika dengan baik. Agar perjuangan mereka komunitas  IG TIK PGRI tidak menjadi sia-sia. “Welcome to Informatika” itu saja dari saya Alvian Rio dan ingat apa kata jimmy wales, bahwa kita harus menggunakan internet dengan baik. Babayyyy…


You may also like

19 komentar:

  1. Setuju bgtt ๐Ÿ‘ apalagi untuk era skrng yg serba menggunakan teknologi

    BalasHapus
  2. artikel yg bermanfaat bagi para siswa yg membutuhkan informasi ttg TIK

    BalasHapus
  3. artikel yg keren,,,simple tapi berisi,ga banyak remaja yg sadar akan ini,semoga banyak yg baca artikel ini dan manfaat dr artikel ini menyebar..

    BalasHapus
  4. isi artikelnya๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘, pergunakan internet dg bijak๐Ÿ‘Œ

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular